Bilangan 23:19-20
Konteks23:19 Allah bukanlah manusia, o sehingga Ia berdusta p bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal 1 . q Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara r dan tidak menepatinya? 23:20 Ketahuilah, aku mendapat perintah untuk memberkati, s dan apabila Dia memberkati, t maka aku tidak dapat membalikkannya. u
Ayub 23:13
Konteks23:13 Tetapi Ia tidak pernah berubah--siapa dapat menghalangi Dia? s Apa yang dikehendaki-Nya, t dilaksanakan-Nya juga.
Amsal 19:21
Konteks19:21 Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhanlah yang terlaksana. b
Amsal 21:30
Konteks21:30 Tidak ada hikmat k dan pengertian, dan tidak ada pertimbangan yang dapat menandingi TUHAN. l
Yesaya 14:27
Konteks14:27 TUHAN semesta alam telah merancang, d siapakah yang dapat menggagalkannya? Tangan-Nya e telah teracung, siapakah yang dapat membuatnya ditarik kembali? f
Yesaya 46:10-11
Konteks46:10 yang memberitahukan dari mulanya j hal yang kemudian dan dari zaman k purbakala apa yang belum terlaksana, l yang berkata: Keputusan-Ku akan sampai, m dan segala kehendak-Ku akan Kulaksanakan, 46:11 yang memanggil n burung buas o dari timur, dan orang yang melaksanakan putusan-Ku dari negeri yang jauh. Aku telah mengatakannya, maka Aku hendak melangsungkannya, Aku telah merencanakannya, p maka Aku hendak melaksanakannya. q
Maleakhi 3:6
KonteksRoma 11:29
Konteks11:29 Sebab Allah tidak menyesali u kasih karunia dan panggilan-Nya 2 . v
[23:19] 1 Full Life : ALLAH BUKANLAH MANUSIA, SEHINGGA IA BERDUSTA ... IA MENYESAL.
Nas : Bil 23:19
Allah bukannya tidak dapat diandalkan, mudah goyah dan berubah pikiran, tetapi oleh tabiat-Nya Dia itu setia kepada janji dan komitmen-Nya. Namun sifat Allah ini tidak menutup kemungkinan bahwa Ia mengubah pikiran atau rencana-Nya sesuai dengan situasi tertentu. Misalnya, kadang-kadang Allah mengubah rencana-Nya mengenai hukuman sebagai tanggapan atas doa syafaat umat-Nya yang setia
(lihat cat. --> Kel 32:11;
lihat cat. --> Kel 32:14)
[atau ref. Kel 32:11,14]
atau sebagai tanggapan atas pertobatan orang fasik (Yun 3:1-10; 4:2).
[11:29] 2 Full Life : KASIH KARUNIA DAN PANGGILAN-NYA.
Nas : Rom 11:29
Kata-kata ini menunjuk kepada hak istimewa Israel yang disebutkan dalam Rom 9:4-5 dan Rom 11:26. Konteks jelas menunjukkan kepada Israel dan maksud-maksud Allah bagi mereka, dan bukan kepada karunia-karunia Roh Kudus dan panggilan pelayanan yang dihubungkan dengan pekerjaan Roh Kudus di dalam gereja (bd. Rom 12:6-8; 1Kor 12:1-31). Panggilan, penetapan, dan pemeliharaan seorang dalam jabatan gembala atau penilik jemaat harus menurut kualifikasi sifat pribadi dan sejarah rohani orang itu
(lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).